Home jalankemana tips Tak Ingin Jadi Korban Pembobolan, Berikut Tips Menjaga Keamanan Dompet Digital

Tak Ingin Jadi Korban Pembobolan, Berikut Tips Menjaga Keamanan Dompet Digital

13
Dompet digital atau uang elektronik. (Foto: Pixabay)

BATAMBANGET.com – Dompet digital atau uang elektronik mulai menjadi pilihan metode transaksi di masyarakat. Selain lebih mudah untuk transaksi online hingga belanja, insentif yang ditawarkan oleh beberapa penerbit layanan dompet digital juga cukup menggiurkan.

Data dari Bank Indonesia mencatat transaksi ekonomi dan keuangan digital pada Juli 2021 terus tumbuh seiring meningkatnya akseptasi dan preferensi masyarakat untuk berbelanja secara daring. Nilai transaksi uang elektronik (UE) meningkat 57,71% (yoy) atau mencapai Rp 25,4 triliun.

5 Tips Traveling Agar Dapat Menghemat Budget

Namun di balik segala kemudahannya, dompet digital atau uang elektronik juga memiliki kekurangan yang harus diperhatikan. Salah satu yang acap kali terjadi adalah pembobolan akun dompet digital yang menyebabkan hilangnya saldo dompet digital.

Lalu bagaimana cara untuk menghindarinya? Berikut ini adalah beberapa yang bisa dilakukan.

1. Bikin Anggaran Bulanan

Hal pertama yang harus dilakukan agar saldo dompet digital tak kebobolan adalah membuat anggaran bulanan yang disebut bisa memberikan beberapa keuntungan, antara lain mengontrol dan membuat penggunanya tidak kebablasan dalam menggunakan uang elektronik.

Perencanaan anggaran juga dibuat untuk memastikan tidak ada saldo mengendap di dompet digital, sehingga memungkinkan penggunanya terbebas dari pembobolan dan pencurian saldo.

Langkah-langkah yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Perusahaan Asuransi

2. Jangan Barbar Ketika Top Up

Cara kedua adalah dengan tidak berlebihan ketika isi saldo atau top up seperlunya. Walaupun setiap pengguna memiliki budget yang sudah ditentukan, tapi alangkah baiknya untuk menyiapkan anggaran bulanan dengan mengisi saldo secukupnya. Hitung-hitung juga sekalian berhemat bukan?

3. Catat Semua Biaya Top Up

Seringkali pengguna tidak mencatat biaya top up dompet digital, padahal hal ini penting dilakukan untuk menjaga arus keuangan. Mencatat biaya top up harus dilakukan untuk meminimalisir pengisian saldo dalam jumlah kecil yang berpotensi membludak ketika dijumlahkan.

4. Coba Hindari Penggunaan Fasilitas Kredit

Langkah selanjutnya, cobalah untuk menghindari fasilitas jasa kredit atau cicilan berkala. Meski menggiurkan fasilitas ini malah bisa menjadi bumerang bagi pengguna yang berperilaku konsumtif. Namun, bila terpaksa maka lihat dulu kondisi keuangan. Jangan terlalu dipaksakan bila kemampuan finansialnya masih kurang baik atau digunakan untuk membeli atau membayarkan hal yang kurang penting.

Bagi Yang Suka Traveling, Ini Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Dengan Harga Murah

5. Pastikan E-Wallet Terproteksi

Paling penting adalah pastikan layanan E-Wallet yang dipilih terproteksi dengan baik. Sering-seringlah mengganti password dan juga memberikan proteksi maksimal, seperti memakai autentikasi 2 arah dan juga tidak membagikan One Time Password (OTP) kepada orang lain. Agar lebih aman, pilihlah layanan E-Wallet yang terpercaya.

Nah, itulah langkah-langkah yang bisa diterapkan, agar dompet digital atau uang elektronik aman.

—–

Yuk Join Medsos Batambanget

Like Fanpage Facebook: batam banget

Add Official Line:@batambanget

Follow Twitter: @batambanget

Instagram: @batambanget