Hobi Traveling? Nah Ini Ragam Profesi Yang Bisa Anda Tekuni Dibidang Pariwisata

BATAMBANGET.com – Sektor pariwisata terus mengalami perkembangan yang signifikan dari waktu ke waktu. Tidak heran jika prospek pekerjaan di bidang pariwisata pun semakin luas dan tentunya, hal ini akan membuat mereka yang memiliki skill dibidang pariwisata semakin dibutuhkan.

Bekerja di bidang pariwisata tentu sangat mengasyikan, apalagi bagi Anda yang punya hobi traveling. Selain dapat menghasilkan pundi-pundi, bekerja di bidang ini juga bisa sekaligus menjalankan hobi traveling Anda.

Pesona Pulau Ranoh Yang Terletak Di Ujung Pulau Batam

Berikut ini beberapa jenis pekerjaan yang bisa Anda tekuni pada bidang pariwisata.

1. Agen biro perjalanan

Masing-masing orang memiliki caranya sendiri saat merencakanan perjalanannya liburannya. Ada yang suka melakukan solo traveling, namun ada juga yang lebih suka traveling dengan jadwal dan akomodasi yang sudah terencana.

Nah, biasanya seseorang yang ingin liburannya terencana dengan rapi akan mempercayakan perjalanan mereka pada agen biro perjalanan.

Agen biro perjalanan bertugas melakukan penyusunan dan penyelenggaran suatu paket wisata. Selain menyusun dan menyelenggarakan paket wisata, agen biro perjalanan juga menjual paket wisata tersebut ke wisatawan atau ke agen-agen perjalanan.

Sebagai bagian dari agen biro perjalanan, Anda akan membuat paket travel yang terdiri dari harga hotel sesuai dengan budget Anda, tempat wisata, tempat makan, transportasi dan tanggal keberangkatan wisatawan.

Daftar Lapangan Golf Yang Populer Di Batam, Memberikan Pengalaman Bermain Golf Yang Tak Terlupakan

Nah, tentunya sangat mengasyikan bukan, dengan begitu Anda juga akan memiliki banyak pengetahuan seputar tempat wisata baik di dalam negeri maupun mancanegara.

 2. Konsultan Pariwisata

Bekerja di bidang konsultan pariwisata juga sangat mengasyikan, khususnya bagi Anda yang memang lulusan sekolah pariwisata. Seorang konsultan pariwisata bertugas dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan pariwisata. Tak hanya itu saja, konsultan pariwisata juga bertanggung jawab dalam memberikan saran hingga menawarkan jasa yang berkaitan dengan bidang pariwisata.

Selain pengalaman, bekerja di bidang ini juga Anda akan mendapatkan wawasan yang luas dan mendalam tentang studi kelayakan, pengelolaan usaha, perencanaan, penelitian, hingga marketing pariwisata. Kebanyakan client dari konsultan pariwisata adalah agen biro perjalanan, perhotelan, maskapai, hingga tempat wisata. Tertarik mencobanya?

Taman Rusa Sekupang, Wisata Alam Nan Indah dan Asri Di Salah Satu Sudut Kota Batam

3. Perhotelan

Bekerja di bidang perhotelan memang tak bisa sembarangan, sebab tentu saja Anda harus memiliki latar belakang pendidikan dan keterampilan di bidang perhotelan. Bekerja di bidang ini, Anda akan mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman khususnya pada bidang hospitality.

Para tamu yang datang dari berbagai kalangan tentunya ingin mendapatkan pelayanan terbaik, seperti pada masa pandemi ini hotel-hotel tetap melayani para tamu yang memilih berlibur di hotel atau staycation.

Perhotelan memiliki banyak jenis pekerjaan yang bisa Anda pilih seperti, bagian Recepsionist, Event, Food & beverage, Sales & Marketing, Housekeeper dan masih banyak yang lainnya. Hal yang perlu Anda ketahui jika bekerja di dunia perhotelan adalah harus selalu bersikap ramah dan siap membantu para tamu, jam kerja yang padat, dan tentu saja memiliki disiplin tinggi. Sudah siap?

Selain Pantai, Ternyata Di Kota Batam Ada Wisata Sawah Juga Lo

4. Travel Writer

Punya hobi nulis dan jalan-jalan? Wah pekerjaan satu ini sudah pasti cocok untuk Anda. Apalagi kalau bukan menjadi travel writer. Bekerja di bidang ini Anda akan mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan tentang tempat wisata yang ada.

Menulis sebuah perjalanan liburan rasanya tidak lengkap jika tidak dibarengi dengan visual yang ditampilkan, tentu saja Anda juga punya kesempatan untuk memanfaatkan waktu untuk mengasah kemampuan fotografi dan videografi lho.

Asiknya lagi, pekerjaan satu ini bisa Anda lakukan tanpa harus terikat oleh satu perusahaan saja. Sebab, Anda bisa bekerja secara freelance di media online atau majalah penerbangan.

5. Tour Guide

Jika Anda lulusan pariwisata yang hobi traveling dan bertemu banyak orang, pekerjaan menjadi tour guide atau pemandu wisata sangat cocok untuk Anda. Menjadi seorang tour guide tidak hanya di tempat wisata saja, Anda juga bisa bekerja untuk pemerintahan, agen biro perjalanan atau tempat bersejarah seperti museum.

Bekerja di bidang ini juga tentunya harus dibarengi dengan wawasan yang Anda miliki, khususnya seputar tempat wisata atau budaya yang ada di kawasan tersebut. Jika ingin sukses menjadi tour guide, Anda juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Paling tidak Anda harus menguasai tiga sampai empat bahasa asing.

Yang Suka Pakai Wifi Umum, Ini Bahaya Yang Mengintai

Dengan menjadi tour guide juga Anda bisa turut membantu para pelaku UMKM dengan memberikan informasi mengenai beragam macam oleh-oleh, khususnya khas Nusantara yang ada di Indonesia yang wajib dibeli oleh para wisatawan baik secara langsung ataupun yang bisa beli secara online.

Nah, itu dia penjelasan menganai beberapa pekerjaan mengasyikan di bidang pariwisata. Sambil mengulik pekerjaan lainnya mengenai pariwisata, baiknya kita isi waktu dengan berbagai hal yang bermanfaat dan menginspirasi seputar destinasi yang ada di Indonesia. Seperti banyak mencari informasi untuk mengetahui spot wisata tersembunyi serta menakjubkan atau hidden gems yang akan menjadi bekal untuk terjun dalam bidang ini. (*)

—–

Yuk Join Medsos Batambanget

Like Fanpage Facebook: batam banget

Add Official Line:@batambanget

Follow Twitter: @batambanget

Instagram: @batambanget

Stay in Touch

To follow the best weight loss journeys, success stories and inspirational interviews with the industry's top coaches and specialists. Start changing your life today!

spot_img

Related Articles