Foto ilustrasi, cara yang benar menghidupkan dan mematikan mobil. (Foto: pixabay)

BATAMBANGET.com – Salah satu faktor yang menentukan performa dari mesin dan baterai aki mobil adalah bagaimana cara pemilik kendaraan mematikan mesin mobilnya.

Masih banyak pengguna mobil yang asal-asalan dalam mematikan mesin mobilnya, hanya memutar kontak kunci ke posisi OFF tanpa memperhatikan hal-hal penting lainnya.

Salah satunya yakni tanpa mematikan pendingin kabin dan komponen kelistrikan lainnya. Hal ini tentu saja akan membuat baterai mobil akan membutuhkan daya yang lebih besar ketika mobil akan dinyalakan lagi.

Samsung Galaxy S22 Series 5G Meluncur di Indonesia, Pakai Prosesor Snapdragon 8 Gen 1

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, ada beberapa prosedur yang benar pada saat akan mematikan mesin mobil.

Namun demi keamanan dan keawetan komponen mobil, langkah yang benar dalam mematikan mesin mobil perlu diperhatikan. Berikut ini adalah tahapan-tahapan yang harus dilakukan sebelum mematikan mesin mobil.

3 Barang yang Wajib Dibawa Traveler dengan Durasi Penerbangan Panjang

1. Posisi tuas transmisi

Pindahkan tuas transmisi ke posisi P untuk transmisi otomatis dan posisi N untuk transmisi manual. Hal ini dilakukan untuk mencegah mobil anda loncat dengan sendirinya saat pertama kali mesin dinyalakan, sehingga anda akan merasa aman.

Pada transmisi otomatis, apabila tuas transmisi tidak diposisikan ke posisi P, maka kunci kontak tidak akan bisa dilepas dari slot kunci.

Buat Akun PayPal Tanpa Kartu Kredit, Begini Caranya

3. Perhatikan Putaran mesin (RPM)

Pastikan bahwa sebelum anda mematikan mesin mobil, putaran mesin harus berada pada kondisi stasioner (idle). Hal ini dilakukan agar mesin berada pada kondisi normal (tanpa beban) serta untuk mencegah kerusakan pada mesin mobil anda.

Pada saat mesin masih bekerja dengan putaran tinggi, piston akan bergerak dengan cepat sehingga membutuhkan pelumasan oli yang maksimal. Ketika mesin tiba-tiba di matikan maka pompa oli akan berhenti bekerja sehingga tidak ada pelumasan mesin. Hal ini menyebabkan terjadinya keausan pada komponen-komponen mesin yang bergesekan.

Alasan Tidak Disediakannya Guling di Kamar Hotel

4. Rem parkir

Tarik atau aktifkan rem parkir mobil anda untuk mencegah kendaraan bergerak dengan sendirinya. Hal ini juga dilakukan sebagai pengamanan ketika kendaraan dihentikan di jalan tanjakan atau turunan.

5. Kunci Kontak

Ini adalah langkah terakhir yang dilakukan setelah langkah 1 hingga langkah 4 sudah terpenuhi. Putar kunci kontak keposisi OFF pada tipe kunci konvensional atau tekan tombol push button hingga OFF pada tipe kunci keyless.

8 Jenis Sayuran yang Manfaatnya Lebih Menonjol Untuk Melindungi Kinerja Ginjal

Jangan lupa mencabut anak kunci kendaraan anda dan membawanya keluar. Seringkali terjadi, mobil terkunci dari dalam akibat pengemudi lupa membawa anak kunci keluar kendaraan. Hal ini akan mempersulit pengemudi apabila pengemudi tidak membawa atau mempunyai kunci duplikat. (*)

——-

Yuk Join Medsos Batambanget

Like Fanpage Facebook: batam banget

Add Official Line:@batambanget

Follow Twitter: @batambanget

Instagram: @batambanget