Mulai Kurangi Minum Kopi Kalau Tak Ingin Alami Penyusutan Otak Dini

BATAMBANGET.com – Kopi termasuk salah satu minuman paling populer di dunia. Kandungan kafein di dalamnya terkenal dapat menghilangkan rasa kantuk, rasa asam dan pahit kopi pun menjadi alasan kenapa minuman ini digemari. Namun jika diminum dalam jumlah banyak, kopi dapat menimbulkan efek buruk untuk tubuh.

Sebuah studi membuktikan bahwa minum kopi terlalu banyak, misalnya 6 cangkir sehari, bisa memengaruhi volume otak yang dapat menyebabkan demensia.

Dilansir dari Medical News Today, Selasa (27/7/2021), demensia adalah kondisi gangguan otak yang memengaruhi memori, komunikasi, dan cara berpikir.

Gejala yang muncul saat seseorang mengalami demensia antara lain menanyakan pertanyaan berulang kali, kesulitan untuk memahami kata-kata, merasa bingung dengan lingkungan yang tidak dikenal, gangguan tidur, kecemasan, dan lainnya.

 

Tak Hanya Menyegarkan, Minum Air Kelapa Banyak Sekali Manfaatnya Loh

 

Demensia juga memiliki beberapa tingkatan, mulai dari tahap awal, tahap tengah, dan tahap akhir dengan gejala yang berbeda-beda.

Dilansir dari Science Alert, Sabtu (24/7/2021), penelitian yang diterbitkan di jurnal Nutritional Neuroscience pada 24 Juni 2021 bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kopi dengan risiko penyusutan volume otak yang menyebabkan demensia.

Ini merupakan riset besar yang melibatkan 17.702 responden berusia 37-73 tahun dari proyek bernama Biobank Inggris.

Proyek Biobank Inggris sudah berjalan lama, bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang sejumlah metrik kesehatan dan gaya hidup yang berbeda, termasuk konsumsi kopi, volume otak, dan penyakit.

Dalam studi tersebut, ahli menemukan bahwa risiko kelebihan kopi adalah nyata. Studi ini menemukan bahwa orang yang minum enam cangkir kopi atau lebih dalam sehari memiliki peluang 53 persen lebih tinggi terkena demensia daripada mereka yang minum satu atau dua cangkir.

 

Khawatir Kolesterol Naik Saat Konsumsi Daging? Ini Cara Mudah Atasinya

 

“Kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia,” kata ahli epidemiologi Kitty Pham dari University of South Australia.

Dengan konsumsi global lebih dari sembilan miliar kilogram per tahun, Pham berkata, penting bagi kita untuk memahami potensi implikasi kesehatan yang mengikutinya.”

“Ini adalah penyelidikan paling ekstensif tentang hubungan antara kopi, pengukuran volume otak, risiko demensia, dan risiko stroke. Ini juga merupakan studi terbesar yang mempertimbangkan data pencitraan otak volumetrik dan berbagai faktor pembaur,” ungkapnya.

Sementara itu, ahli epidemiologi dari University of South Australia, Elina Hyppönen menyarankan untuk membatasi jumlah konsumsi kopi harian hanya satu sampai dua cangkir sehari.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang terbiasa minum kopi dalam jumlah banyak, lebih baik mulai memikirkan efek buruk yang akan muncul dari kebiasaan ini. Memang, penyusutan otak adalah hal alamiah yang mungkin terjadi pada manusia seiring dengan bertambahnya usia.

Namun dalam penelitian ini, ahli menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kopi dalam jumlah banyak hingga 6 cangkir sehari bisa mengalami penyusutan otak dini.

 

7 Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Untuk Cegah Rambut Rontok

 

Terdapat kemungkinan, kafein mengikat reseptor adenosin dalam otak sehingga menyebabkan demensia. Adenosin adalah zat yang ada di semua sel manusia dan berperan untuk meningkatkan tidur dan menekan gairah sehingga aktivitas saraf melambat.

Mengikat reseptor adenosin, akan membuat sel tidak lagi dapat merasakan adenosin dan membuat aktivitas manusia menjadi meningkat yang ditandai dengan hilangnya rasa kantuk.

Terdapat kemungkinan juga dampak kopi pada organ lain seperti sistem kardiovaskular yang menjadi penyebab hal ini bisa terjadi. Banyak penelitian yang harus dilakukan untuk mengetahui efek positif atau negatif kafein pada kopi dengan sel-sel otak. (*)

 

—–

Yuk Join Medsos Batambanget

Like Fanpage Facebook: batam banget

Add Official Line:@batambanget

Follow Twitter: @batambanget

Instagram: @batambanget

 

Stay in Touch

To follow the best weight loss journeys, success stories and inspirational interviews with the industry's top coaches and specialists. Start changing your life today!

spot_img

Related Articles