Masjid Cheng Hoo Batam, Bangunan Berornamen Kental Khas Tiongkok

BATAMBANGET.com – Tak hanya pantai, beberapa destinasi wisata religi juga tersebar di Kota Batam, Kepulauan Riau. Salah satu yang populer dikalangan wisatawan adalah Masjid Muhammad Cheng Hoo.

Sekilas, Masjid Muhammad Cheng Hoo ini lebih tampak seperti Kelenteng atau pagoda. Desain dan warna bangunannya lebih dominan merujuk pada bangunan-bangunan khas Tiongkok.

Masjid Muhammad Cheng Hoo memiliki keunikan dengan arsitektur oriental khas gaya bangunan Tiongkok.

Bandara Hang Nadim Batam Mulai Pakai Aplikasi PeduliLindungi, Berikut Cara Mengisi e-HAC

Masjid Cheng Hoo Batam

Sesuai namanya, masjid ini dibangun untuk mengenang Laksamana Cheng Hoo atau Haji Mahmud Shams

Laksamana Cheng Hoo merupakan seorang muslim yang taat. Hidup sekitar 600 tahun yang lalu. Ditugaskan Raja Dinasti Ming untuk menjelajah Asia dan melakukan syiar perdamaian. Menurut catatan sejarah, dia juga pernah mengunjungi Kerajaan Majapahit guna membangun relasi.

Ekspedisi ke nusantara, selama di Indonesia, Cheng Hoo telah menyebarkan ajaran Islam melalui dakwah-dakwahnya.

Naik Jet Ski Safari Dapat Fasilitas Menginap Di HARRIS Resort Barelang Batam

Namun, masjid ini bukan peninggalan Laksamana Cheng Hoo, melainkan murni dibangun oleh pemilik kawasan wisata Golden City.

Masjid Cheng Hoo Batam

Arsitektur

Masjid Muhammad Cheng Hoo memiliki luas 20 x 30 meter.

Bangunannya kaya akan arsitektur dan interior khas negeri tirai bambu dengan warna merah yang mendominasi. Sekilas, masjid ini justru tampak seperti klenteng.

Alih-alih memiliki kubah seperti masjid pada umumnya, masjid yang dibangun pada 2015 ini beratapkan segi 8 yang mirip pagoda.

Di puncak pagoda terdapat lafaz Allah dalam tulisan Arab yang menegaskan bahwa bangunan ini adalah masjid.

Taman Rusa Sekupang, Wisata Alam Nan Indah dan Asri Di Salah Satu Sudut Kota Batam

Di bagian depan bangunan masjid ini terdapat tulisan Masjid Muhammad Cheng Hoo, dilengkapi dengan aksara China di bawahnya.

Selain itu, relief berbentuk naga juga menghiasi dinding masjid ini. Secara keseluruhan, gaya bangunannya sangat kental dengan interior khas Thiongkok.

Masjid ini memiliki daya tampung kurang lebih 200 jamaah. Tidak hanya wisatawan lokal saja yang datang kesini, namun juga wisatawan mancanegara seperti Singapura, India, Malaysia, dan China.

Di dekat masjid ini juga terdapat replika kapal Laksamana Cheng Hoo yang juga menjadi favorit wisatawan.

Pesona Pulau Ranoh Yang Terletak Di Ujung Pulau Batam

Masjid Cheng Hoo Batam

Selain di Batam, masjid Muhammad Cheng Hoo juga ada di Surabaya, sebab kota ini juga pernah disinggahi oleh Cheng Hoo.

Di masjid Muhammad Cheng Hoo turut sering mengadakan acara keagamaan maupun sosial. Seperti buka puasa bersama anak yatim, pemotongan hewan kurban, santunan duafa, dan bakti sosial. Bahkan tak jarang melibatkan tokoh agama lain dalam kegiatan sosial.

Itulah keunik dari masjid Muhammad Cheng Hoo. Untuk kamu yang tertarik, untuk melihat masjid ini, bisa langsung datang ke kawasan Golden City, Bengkong Laut, kecamatan Bengkong, Batam, Kepulauan Riau. (*)

—–

Yuk Join Medsos Batambanget

Like Fanpage Facebook: batam banget

Add Official Line:@batambanget

Follow Twitter: @batambanget

Instagram: @batambanget

 

Stay in Touch

To follow the best weight loss journeys, success stories and inspirational interviews with the industry's top coaches and specialists. Start changing your life today!

spot_img

Related Articles