Kampung Terih

BATAMBANGET.com – Beragam destinasi wisata menarik tersedia di kota Batam. Termasuk mengunjungi salah satu kampung tua di Batam. Ya, di Batam memiliki banyak sekali kampung tua yang kental dengan nuansa khas pedesaan. Ada 36 kampung tua. Kampung tua artinya kampung yang sudah ada sebelum Kota Batam dibangun tahun 1973.

Salah satu kampung tua yang ada di Batam yaitu Kampung Terih Nongsa yang memiliki prospek sebagai destinasi wisata.

Kampung Terih dinobatkan sebagai juara favorit Anugrah Pesona Indonesia (API) 2018. Hebatnya, Kampung Terih statusnya kampung tua.

4 Hidangan Mie Lezat Yang Wajib Dicicipi Saat Berkunjung Ke Kota Batam

Keunggulan Kampung Terih ini karena posisinya yang menghadap langsung ke pusat pemerintahan Kota Batam di Batam Centre. Sehingga dari kampung ini terlihat pemandangan Kota Batam lengkap dengan gedung-gedung tingginya. Tak hanya itu, di Kampung Terih sendiri juga terdapat beberapa daya tarik. Seperti hutan bakau yang masih rimbun, air laut yang jernih, dan kekayaan kuliner khas Melayu dari warganya.

Menurut warga, nama Terih berasal dari bebatuan merah yang banyak ditemukan di sekitar pantai. Masyarakat sekitar menyebutnya Terih.

Kampung yang terletak di kelurahan Sambau, kecamatan Nongsa, Batam ini dekat dengan laut dan deretan pantai yang ada di kawasan Nongsa, sehingga kamu bisa menikmati suasana pedesaan sekaligus lautan.

Kampung Terih

Pesona Pulau Ranoh Yang Terletak Di Ujung Pulau Batam

Kampung Terih baru dikembangkan jadi destinasi wisata sejak tahun 2017. Terletak tidak terlalu jauh dari pusat kota. Dari Dataran Engku Putri, jaraknya kurang lebih 21 km dan bisa ditempuh dalam waktu 29 menit.

Atau jika kamu dari Bandara Hang Nadim, jaraknya hanya 12 km dengan waktu tempuh kurang lebih 18 menit saja.

Masuk ke Kampung Terih tidak dipungut biaya, hanya saja pengunjung harus membeli barang dagangan warga seperti makanan atau souvenir sebagai ganti dari tiket masuk.

Terdapat penjual makanan berupa kepiting yang telah dimasak asam manis di dekat jalan masuk kampung.

Naik Jet Ski Safari Dapat Fasilitas Menginap Di HARRIS Resort Barelang Batam

Harganya cukup terjangkau, satu kotak hanya Rp 25.000 hingga Rp 30.000.

Dengan luas lokasi kurang lebih 9,76 Ha, kampung ini sudah menyediakan banyak pondok gazebo yang bisa ditempati pengunjung bila ingin beristirahat.

Salah satu spot yang jadi favorit pengunjung adalah dermaga kecil yang terdapat di dekat laut.

Dermaga kayu tersebut dibuat mengarah ke laut melewati rimbunan pohon bakau yang masih asri. Tak sedikit pengunjung yang berfoto di ujung dermaga dengan latar lautan ini.

Duduk di ujung dermaga, kamu bisa melihat pemandangan Batam Center lengkap dengan gedung-gedung tingginya.

Taman Rusa Sekupang, Wisata Alam Nan Indah dan Asri Di Salah Satu Sudut Kota Batam

Selain itu, ada pula spot lain berupa rumah pohon yang terbuat dari kayu dan dipasang di antara rimbunan dedaunan pohon.

Untuk menuju kesini, pengunjung harus menaiki tangga yang terbuat dari bambu.

Sebetulnya, baik dermaga maupun rumah pohon di kampung ini dulu dihias dengan banyak payung warna-warni. Sayangnya, payung-payung tersebut kini sudah tidak ada. Hanya satu dua yang tersisa, itupun sudah rusak.

Di kampung ini banyak terdapat warung-warung yang menjual makanan untuk mengisi perut setelah lelah berjalan-jalan.

Bila ingin berkunjung ke sini, kamu bisa melewati jalan Hang Tuah sampai lampu merah Nongsa, kemudian belok kiri melewati jalan Hang Jebat, dan lurus saja sampai ke jalan Hang Lekiu.

Kampung Terih terletak di sisi kiri jalan ini. (*)

—–

Yuk Join Medsos Batambanget

Like Fanpage Facebook: batam banget

Add Official Line:@batambanget

Follow Twitter: @batambanget

Instagram: @batambanget