Minyak jelantah atau minyak bekas. (Foto: Pixabay)

BATAMBANGET.com – Harga minyak goreng dari kelapa sawit sering tidak stabil, dan biasanya minyak goreng bekas atau minyak jelantah biasa menjadi sampah.

Ironisnya, masih ada saja minyak jelantah yang dibuang secara sembarangan dan didaur ulang untuk dijual kembali. Hal ini tentu saja tidak baik buat kesehatan bagi yang mengkonsumsinya.

Mengisi Ban dengan Gas Nitrogen, Memang Apa Sih Perbedaannya dengan Angin Biasa? Berikut Penjelasannya

Agar tidak disalahgunakan dan menjadi sampah, minyak jelantah dapat dimanfaatkan menjadi berbagai produk bermanfaat lho!.

  • Pupuk Tambahan

Jika Anda memiliki tanaman, Anda dapat memanfaatkannya untuk pupuk. Dikutip dari zerowaste.id minyak jelantah yang telah mengalami proses pemanasan berulang dapat menghasilkan asam lemak yang baik untuk pertumbuhan tanaman.

Meski dapat digunakan sebagai pupuk, namun pupuk minyak jelantah ini hanya bersifat tambahan bukan pengganti pupuk yang lazim dipakai seperti pupuk kandang atau pupuk anorganik.

Tips Membersihkan Microwave Pakai Lemon dan Baking Soda

  • CPO Biodiesel

Dilansir dari Tractionenergyasia.com, minyak jelantah dapat difungsikan sebagai bahan baku CPO Biodiesel pengganti solar. Jika hal ini dapat dimaksimalkan selain dapat mengurangi daur ulang untuk dijual kembali yang berbahaya bagi kesehatan juga dapat mengurangi peningkatan kadar Chemical Oxygen Demand (COD) dan Biological Oxygen Demand (BOD) di perairan.

Pasalnya minyak goreng bekas tersebut tergolong sebagai limbah kategori bahan beracun dan berbahaya (B3).

Jangan Dianggap Remeh, 3 Kebiasaan yang Bisa Membuat Perut Buncit

  • Pengganti bahan bakar lampu minyak

Tips ini bisa berguna bagi Anda yang tinggal di daerah yang aliran listriknya mudah padam atau terputus. Hal ini juga dapat dimanfaatkan saat kehabisan lilin.

Minyak jelantah dapat menjadi bahan bakar minyak untuk menyalakan lampu minyak. Dikutip dari Zerowaste.id, Anda cukup meletakkan minyak jelantah pada wadah yang tahan panas dan gumpalkan kapas seperti sumbu kompor. Selanjutnya celupkan dan diamkan kapas dalam minyak hingga menyerap lalu bakar kapas dengan korek.

Memiliki Tipe Kulit Wajah Berminyak, Coba Lakukan Beberapa Tips Berikut Ini

  • Sabun cuci

Jika Anda mengeluarkan banyak uang untuk membeli minyak, Anda dapat menekan pengeluaran dengan mengurangi membeli sabun cuci baju. Dikutip dari Zerowaste.id, minyak jelantah tadi dapat diolah menjadi sabun cuci baju.

Dengan mencampurkan minyak jelantah sebanyak 200 gram yang sebelumnya telah digunakan untuk menggoreng jahe agar bau tidak sedapnya hilang dengan soda api sebanyak 33,6 gram dengan 100 ml air. Saat mencampurkan, tuang sedikit demi sedikit sambil diaduk.

Agar bau sabun lebih segar Anda bisa menambahkan jeruk nipis dan ekstrak daun binahong untuk anti bakteri. Selanjutnya cetak dalam wadah dan tunggu 3-5 hari dan siap dipakai.

Pusing, Mual dan Muntah Saat Traveling Sungguh Menyebalkan. Ini Cara Mencegah Hingga Menghilangkan Mabuk Perjalanan

  • Penghilang noda dan pelumas

Jika Anda tidak punya waktu untuk mengolah minyak jelantah menjadi sabun, tanpa diolah minyak jelantah dapat langsung digunakan. Dikutip dari waste4chage.com, minyak jelantah dapat digunakan untuk pelumas dan menghilangkan noda-noda yang ada di peralatan rumah tangga.

Nah, sudah tahu bukan, minyak jelantah masih bisa bermanfaat dalam kehidupan kita sehari-hari, sehingga bisa menghemat pengeluarna juga. (*)

——

Yuk Join Medsos Batambanget

Like Fanpage Facebook: batam banget

Add Official Line:@batambanget

Follow Twitter: @batambanget

Instagram: @batambanget