Foto ilustrasi. Boarding pass. (Foto: Pixabay)

BATAMBANGET.com – Kebanyakan orang yang melakukan penerbangan bisa jadi tak begitu memperhatikan boarding pass miliknya.

Setelah masuk ke dalam pesawat cukup sering boarding pass dibuang begitu saja ataupun diletakan secara sembarangan hingga penumpang lupa menaruhnya.

Padahal, menyimpan boarding pass merupakan suatu hal penting. Berikut ini alasannya mengapa selembar kertas tersebut tidak disarankan untuk dibuang, dilansir dari Reader’s Digest.

Liburan Itu Buat Menyegarkan Pikiran dan Tubuh, Jangan Sampai Jatuh Sakit! Ini Tips yang Bisa Diterapkan

Pentingnya boarding pass

Kebanyakan penumpang pesawat mungkin menganggap boarding pass hanya sebagai secarik kertas yang memuat nomor kursi. Namun, sebenarnya boarding pass memiliki lebih banyak informasi.

Sebagian orang bisa jadi tidak menyadari bahwa Google bisa melacak semua aktivitas kita, dan boarding pass juga memiliki banyak sekali informasi pribadi yang dikodekan di dalamnya.

Cuci Baju di Hotel Agar Bisa Menghemat Pengeluaran Saat Liburan, Berikut Tipsnya

Masalahnya, maskapai bukan satu-satunya yang bisa memindai barcode di boarding pass. Aplikasi biasa di smartphone yang bisa di-download secara gratis pun bisa melakukannya.

Bila data pribadi sampai dipindai orang yang tidak bertanggung jawab, maka hal itu akan sangat berbahaya karena seluruh data penting bisa dengan mudah diakses.

Email, nomor telpon, dan alamat bisa dengan mudah diketahui orang lain. Bahkan jika diretas, empat nomor terakhir kartu kredit bisa juga disalahgunakan.

7 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Melewati Pengecekan Keamanan Bandara

Hal berbahaya lain yang bisa dilakukan peretas adalah menelepon dengan berpura-pura menjadi pihak maskapai penerbangan dan melakukan penipuan.

Untuk menghindari hal buruk tersebut, alangkah baiknya menyimpan boarding pass dan tidak membuangnya sembarangan atau meninggalkan di tempat umum.

Pastikan untuk merusak barcode saat membuang boarding pass, entah digunting atau mencoretnya agar tidak bisa lagi dipindai.

Sering Mabuk Udara Saat Naik Pesawat, Ini Cara Mengatasinya

Selain itu, jangan membagikan foto boarding pass di media sosial karena bisa dengan mudah dipindai, meski hanya lewat foto.

Sebagai informasi, masyarakat yang akan melakukan perjalanan dalam negeri melalui laut atau udara wajib memiliki kartu kewaspadaan atau Health Alert Card (HAC). Dalam mengisinya, boarding pass juga dibutuhkan.

Data dari boarding pass yang dibutuhkan untuk mengisi e-HAC adalah kelengkapan alamat tujuan, nama kendaraan, nomor kendaraan, dan nomor kursi.

Cara mendapatkan kartu tersebut adalah dengan mengunduh aplikasinya lebih dulu bernama electronic Health Alert Card (e-HAC) di Google Store atau Apps Store atau juga bisa diakses lewat inahac.kemkes.go.id. (*)

——-

Yuk Join Medsos Batambanget

Like Fanpage Facebook: batam banget

Add Official Line:@batambanget

Follow Twitter: @batambanget

Instagram: @batambanget