Airplane is flying in storm. Dark clouds and lightning in background.

BATAMBANGET.com – Naik pesawat saat cuaca buruk atau saat hujan turun dapat menimbulkan kecemasan dan ketakutan bagi penumpang lantaran adanya turbulensi.

Meski demikian, tidak perlu terlalu khawatir karena pihak maskapai penerbangan telah merancang prosedur keamanan untuk penerbangan saat cuaca buruk.

Melansir Pilot Institute, pesawat tetap aman untuk mengudara dalam kondisi tertentu, salah satunya ketika hujan. Cuaca yang buruk bukan berarti langsung bisa membahayakan pesawat.

Ini Syarat Wajib Perjalanan Dengan Menggunakan Pesawat, Berlaku Selama Periode Nataru 2022

Maskapai penerbangan juga telah memprediksi berbagai kemungkinan saat pesawat mengudara, serta bagaimana prosedur keamanan sebaiknya dijalankan apabila terjadi cuaca buruk.

Untuk bisa terbang, menurut Alternative Airlines, pesawat juga wajib menunggu izin dari Air Traffic Controller (ATC) sebagai pengawas.

Jadi, jika pesawat tetap terbang saat cuaca buruk, artinya kondisi memang memungkinkan untuk mengudara.

Pusing, Mual dan Muntah Saat Traveling Sungguh Menyebalkan. Ini Cara Mencegah Hingga Menghilangkan Mabuk Perjalanan

Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan jika terbang dalam kondisi cuaca buruk, antara lain:

1. Cari informasi tentang penerbangan dan cuaca

Menurut NY Times, sebelum memutuskan untuk naik pesawat, calon penumpang bisa mencari informasi tentang prakiraan cuaca dan kondisi penerbangan.

Dengan mengetahui informasi lengkap, kamu lebih bisa mempertimbangkan tindakan apa yang perlu dilakukan, misalnya apakah menunda perjalanan atau tetap melakukan penerbangan.

Ini Alasan Kenapa Boarding Pass Tidak Boleh Dibuang Secara Sembarangan

2. Baca panduan keselamatan

Melansir BBC Indonesia, sebelum pesawat lepas landas, penumpang sebaiknya paham bahwa mengetahui prosedur keselamatan penting untuk dilakukan.

Mereka sedikitnya bisa mengetahui hal-hal umum, di antaranya letak pelampung dan cara memakai masker oksigen.

Meski sudah terbiasa terbang, luangkan waktu sejenak untuk membaca-baca buku panduan keselamatan yang ada di sandaran kursi.

3. Kencangkan sabuk pengaman dan tetap duduk

Dikutip dari Safety First Airbus, jika cuaca masih buruk saat di tengah-tengah perjalanan, usahakan tetap duduk di kursi dengan sabuk pengaman terpasang.

Apabila awak kabin meminta penumpang untuk tetap duduk, ikuti arahan tersebut dengan baik. Jangan berjalan-jalan bila tidak ada keperluan yang mendesak.

7 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Melewati Pengecekan Keamanan Bandara

4. Ikuti petunjuk yang disampaikan awak kabin

Salah satu hal terpenting adalah mendengarkan instruksi atau arahan awak kabin selama berada di dalam pesawat.

Jangan lakukan hal-hal yang bisa membahayakan, salah satunya mengaktifkan ponsel.

Jika pesawat mengalami guncangan dan awak kabin meminta penumpang agar tetap memakai sabuk pengaman, ikuti arahan tersebut.

Ada baiknya kamu juga menghitung jumlah baris tempat duduk dengan pintu keluar terdekat atau pintu darurat. Dalam kondisi tertentu, awak kabin akan mengevakuasi penumpang melalui pintu darurat pesawat.

Sering Mabuk Udara Saat Naik Pesawat, Ini Cara Mengatasinya

5. Berpikir positif 

Usahakan untuk berpikir positif meskipun cuaca sedang buruk. Perjalanan tidak akan membaik hanya dengan membuat prasangka negatif.

Selain itu, percayakan urusan pesawat kepada pilot dan awak kabin yang sudah terlatih serta berpengalaman.

Mengutip dari Insider, para pilot dan awak kabin telah terlatih berbulan-bulan hingga bertahun-tahun lamanya, dengan simulasi penerbangan saat menghadapi cuaca buruk.

Pada kondisi tertentu yang tidak memungkinkan, ikuti aturan jika penerbangan harus ditunda. Pada dasarnya, semua aturan harus dijalankan demi kebaikan penumpang. (*)

—–

Yuk Join Medsos Batambanget

Like Fanpage Facebook: batam banget

Add Official Line:@batambanget

Follow Twitter: @batambanget

Instagram: @batambanget