Home Blog

Hindari Makan Pasta Saat Berada Dalam Pesawat, Ini Alasannya

Pasta. (Foto: pixabay)

BATAMBANGET.com – Kelaparan di pesawat? Kamu bisa memesan makanan tapi sebaiknya jangan pasta, ya. Ini alasannya.

Makanan pesawat sering kali terasa lebih hambar ketimbang makanan pada umumnya. Hal ini bukan semata karena kurangnya bumbu pada makanan itu tetapi berkaitan dengan reaksi tubuh manusia ketika berada di ketinggian.

Menurut studi yang dilakukan Fraunhofer Institute for Building Physics di Jerman, ditemukan bahwa kombinasi antara udara kering dan tekanan rendah pesawat dapat mengurangi sensitivitas indera perasa manusia untuk rasa manis dan gurih. Pengurangannya juga cukup besar yakni mencapai 30 persen.

Suhu Tepat Kulkas Agar Makanan Tetap Segar dan Awet Dalam Kulkas

Karena itu, Direktur Kuliner LSG Sky Chefs Asia Pasifik, Fritz Gross mengatakan maskapai lebih mengutamakan keamanan pangan daripada rasa.

Kembali ke soal pasta, dilansir dari Travel and Leisure, makanan itu sebaiknya dihindari penumpang. Alasan pertama karena pasta di pesawat bisa jadi dimasak terlalu matang.

Baik pasta maupun hidangan lain di pesawat akan dipanaskan kembali sebelum disajikan. Ini dapat menyebabkan pasta terlalu matang saat diterima penumpang.

Selain itu, perbandingan saus dengan pastanya mungkin tidak sesuai. Jika sudah begitu, rasanya bisa jadi tidak enak.

Alasan Tidak Disediakannya Guling di Kamar Hotel

Selain itu, pasta juga dapat memicu kantuk dan lesu bagi penumpang. Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif Pusat Kebijakan Makanan Hunter College New York City, Charles Platkin. Ia sebelumnya meninjau makanan dari 11 maskapai di Amerika Serikat.

Charles menemukan, pasti atau sumber karbohidrat lain mungkin bukan pilihan terbaik untuk dimakan saat naik pesawat. Ini terutama bagi orang-orang yang mengutamakan makan sehat atau ingin tetap terjaga saat pesawat mendarat.

“Makanan yang mengandung karbohidrat berat seperti pasta dengan saus kental, roti, muffin, atau kue, akan membuat kita merasa lesu, mudah terganggu, serta tidak kenyang atau puas,” kata dia.

5 Tren Wisata di Tahun 2022, Apa Saja Itu, Yuk Disimak

“Tingkat gula darah kita akan melonjak, kemudian turun. Ini berdampak negatif terhadap suasana hati,” sambungnya.

Daripada mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat, traveler dapat menyantap makanan tinggi protein, buah, atau kacang-kacangan.

Sudah tahu bukan alasan untuk tidak mengkonsumsi pasta saat berada dalam pesawat. (*)

—–

Yuk Join Medsos Batambanget

Like Fanpage Facebook: batam banget

Add Official Line:@batambanget

Follow Twitter: @batambanget

Instagram: @batambanget

Suhu Tepat Kulkas Agar Makanan Tetap Segar dan Awet Dalam Kulkas

Kulkas atau lemari es. (Foto: pixabay)

BATAMBANGET.com – Kulkas atau lemari es menjadi tempat mengawetkan makanan di zaman modern. Pada suhu yang tepat, lemari es dapat menjaga makanan tetap dingin dan aman untuk dimakan selama berhari-hari atau berminggu-minggu dengan memperlambat pertumbuhan bakteri.

Ketika suhu makanan mulai naik di atas titik tertentu, bakteri mulai berkembang biak. Tidak semua bakteri itu jahat, tetapi tidak semua kuman juga baik. Untuk menjaga kualitas makanan dan mengurangi risiko keracunan makanan, sebaiknya menjaga lemari es tetap dingin pada suhu yang disarankan dan mengikuti panduan perawatan lemari es.

Apakah Makanan yang Panas Harus Didinginkan Terlebih Dahulu Sebelum Dimasukan ke Dalam Kulkas?

FoodandDrugAdministration (FDA) Amerika Serikat merekomendasikan agar menjaga suhu lemari es tepat atau di bawah 40 derajat Fahrenheit atau 4,4 derajat Celcius, dan suhu freezer tepat atau di bawah 0 derajat Fahrenheit atau -17 derajat Celcius. Namun, suhu lemari es yang ideal sebenarnya lebih rendah. Usahakan untuk tetap berada di antara 35 derajat dan 38 derajat Fahrenheit (atau 1,7 hingga 3,3 derajat Celcius). Kisaran suhu ini sedekat mungkin dengan titik beku tanpa terlalu dingin tapi tidak sampai membeku. Suhu lemari es harus dekat dengan ambang 4,4 derajat Celcius, di mana bakteri mulai berkembang biak dengan cepat.

Suhu di atas zona 1,7 hingga 3,3 derajat Celcius mungkin terlalu tinggi, terutama jika pengukur suhu internal lemari es tidak akurat. Makanan mungkin cepat rusak, dan ketika dimakan, itu bisa mengalami masalah perut dengan bakteri, seperti Salmonella dan E. coli.

Sementara untuk freezer, yang terbaik adalah sedekat mungkin dengan -17 derajat Celcius, kecuali jika menambahkan banyak makanan baru yang lebih hangat. Beberapa freezer memiliki opsi untuk flash freeze, yang akan menurunkan suhu freezer selama 24 jam untuk menghindari freezer terbakar dari variasi suhu. Menjaga freezer pada suhu yang terlalu dingin dapat membuat tagihan listrik bengkak dan menyebabkan makanan kehilangan kelembapan dan rasa.

Langkah-langkah Agar Baterai Ponsel Lebih Tahan Lama, Meski Dipakai Seharian

Sayangnya, tidak semua pengukur suhu lemari es akurat. Mungkin setelan yang terlihat 2,7 derajat Celcius, tetapi sebenarnya suhunya tetap sekitar 0,5 derajat Celcius atau justru lebih panas 5 derajat Celcius.

Jika mengetahui bahwa suhu lemari es tidak sesuai dengan yang ditampilkan, berikut beberapa tips menjaga suhu tetap ideal.

  • Jangan simpan makanan panas karena itu akan mempengaruhi suhu ruang dalam lemari es. Dalam suhu yang lebih hangat, pertumbuhan bakteri bisa lebih cepat.
  • Periksa segel pintu untuk menjaga suhu dingin masuk dan suhu hangat keluar. Jika ada kebocoran di salah satunya, udara dingin mungkin keluar.
  • Jangan sering buka tutup kulkas karena itu berarti membiarkan udara dingin keluar dan udara hangat masuk.
  • Jaga agar kulkas atau freezer jangan terlalu penuh karena itu akan membebani kerja kulkas.

(*)

 

—–

Yuk Join Medsos Batambanget

Like Fanpage Facebook: batam banget

Add Official Line:@batambanget

Follow Twitter: @batambanget

Instagram: @batambanget

 

Apakah Makanan yang Panas Harus Didinginkan Terlebih Dahulu Sebelum Dimasukan ke Dalam Kulkas?

Makanan yang baru dimasak dan dalam kondisi panas. (Foto: Pixabay)

BATAMBANGET.com – Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, keamanan pangan sama sekali tidak perlu menurunkan suhu makanan ke suhu kamar sebelum memasukkannya ke dalam lemari es, karena proses pendinginan akan mendinginkan makanan panas dengan cepat dan mencegah pertumbuhan bakteri.

Namun, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membiarkan hidangan panas dingin di meja sebentar untuk mempertahankan rasa dan teksturnya.

Apa Sih Bedanya Kerupuk Sama Keripik?

“Misalnya, jika Anda membuat mac and cheese panggang dengan bagian atas remah yang renyah, kemudian ditutup dan dimasukkan ke dalam lemari es saat masih panas, panas akan menyebabkan pengembunan pada tutup wadah, yang kemudian akan turunkan kualitas topping yang renyah dan biarkan teksturnya lembek,” kata Ashley Schuering, pakar keamanan pangan bersertifikat ServSafe.

“Dalam hal ini, saya akan membiarkan casserole mendingin hingga suhu kamar sebelum ditutup dan didinginkan,” lanjutnya.

Mungkin salah satu alasan terbesar untuk mempertimbangkan membiarkan makanan dingin sebelum didinginkan adalah pengaruhnya terhadap isi lain dari lemari es Anda.

Tips Matikan Mesin Mobil yang Benar

“Jika lemari es Anda disetel pada 3 derajat Celcius dan Anda meletakkan panci berisi sup panas langsung dari kompor dan menutup pintunya, suhu itu bisa turun, dan perlu beberapa saat untuk naik kembali,” kata ahli diet dan pakar keamanan pangan Kelly Jones.

“Untuk menjaga suhu yang aman di lemari es Anda, sebagian besar makanan, terutama yang cair, harus didinginkan mendekati suhu kamar sebelum disimpan.”

Makanan yang lebih kecil, seperti sepotong pizza atau satu porsi dada ayam, mungkin tidak berdampak besar pada suhu lemari es, tetapi jumlah yang lebih besar, seperti sup, semur, atau casserole, serta biji-bijian dan protein yang dimasak dalam jumlah besar, dapat mempengaruhi suhu.

3 Barang yang Wajib Dibawa Traveler dengan Durasi Penerbangan Panjang

Untuk hasil terbaik dan langkah-langkah keamanan, menurut USDA, Anda harus menyimpan makanan di lemari es dalam waktu dua jam setelah didinginkan untuk menjamin keamanan dan kualitas terbaik untuk digunakan nanti. Sebagai aturan umum.

“Makanan harus didinginkan hingga 21 derajat Celcius dalam waktu dua jam, kemudian didinginkan hingga 5 derajat Celcius atau lebih rendah dalam waktu empat jam untuk mencegah pertumbuhan bakteri,” kata Schuering.

Dan jika Anda khawatir tentang waktu tunggu, tips ini akan membantu mendinginkan makanan sedikit lebih cepat.

Tips mendinginkan makanan panas lebih cepat

1. Rendam dengan air es

“Tempatkan makanan ke dalam wadah penyimpanan Anda, lalu rendam wadah (tanpa merendam seluruhnya) dalam air es, aduk makanan sesuai kebutuhan, atau Anda dapat memutar wadah bolak-balik untuk mengaduk makanan dan membantunya lebih cepat dingin,” kata Schuering.

2. Pindahkan porsi besar ke wadah yang lebih kecil

“Ambil makanan dalam jumlah besar seperti panci sup besar dan pindahkan ke [wadah] yang lebih dangkal, sehingga lebih cepat dingin,” kata Kelli Lewton, koki eksekutif dan penulis buku mendatang Make Your Own Party: Twenty Blueprints to MYO Berpesta!.

“Porsi berukuran lebih kecil cenderung tidak berdampak pada suhu lemari es atau freezer Anda, dan biasanya dapat ditempatkan di lemari es dalam beberapa menit setelah dikemas ke dalam wadah yang lebih kecil,” tambah Schuering.

Benarkah Cokelat Merusak Gigi Anak? Berikut Penjelasan dari Penelitian

3. Hapus makanan dari sumber panas secepatnya

Tidak membiarkan hidangan panas duduk di atas kompor saat dingin adalah langkah pertama. Tetapi langkah kedua harus mengeluarkannya dari panci atau wajan yang dipanaskan. Misalnya, jika Anda membuat sup atau rebusan dalam cast iron, mereka cenderung menahan panas untuk waktu yang lama, jadi keluarkan sup atau rebusan dan pindahkan ke wadah penyimpanan yang aman untuk makanan untuk mempercepat proses pendinginan.

4. Manfaatkan aliran udara

Bahkan kipas berosilasi di dapur dapat membantu menciptakan aliran udara untuk mendinginkan makanan lebih cepat, jadi letakkan beberapa, jika memungkinkan. Setiap bit membantu! Untuk alasan yang sama (yaitu aliran udara) coba gunakan rak untuk mendinginkan potongan daging yang lebih besar.

“Keluarkan daging panggang dengan hati-hati dari wajan yang sangat panas, lalu pindahkan ke dalam wajan bersuhu ruangan atau dingin dan biarkan di atas rak di mana pergerakan udara lebih lancar,” kata Lewton. (*)

——-

Yuk Join Medsos Batambanget

Like Fanpage Facebook: batam banget

Add Official Line:@batambanget

Follow Twitter: @batambanget

Instagram: @batambanget

LEVEL UP COFFEE, Kafe Unik Terapung di Atas Kanal

Level UP Coffee
Level UP Coffee/net

BATAMBANGET.com – Wisata kuliner di Kota Batam, Kepulauan Riau, terus berkembang. Sejumlah pengusaha berlomba-lomba menyajikan makanan dipadukan dengan konsep restoran dan kafe unik demi menggaet pelanggan.

Salah satu pendatang baru di dunia kuliner Batam adalah Level Up Floating Bar & Forest Coffee. Sesuai namanya, keunikan kafe ini terletak di bar terapung (floating bar) di atas kanal.

Bangunan bar di Level Up berdiri di atas drum-drum yang berada di kanal. Ketika air laut pasang, maka bar di Level Up ikut mengapung.

Level UP Coffee/net

Kafe yang baru dibuka pada 22 Januari 2022 lalu ini mengusung konsep outdoor dilengkapi dengan pemandangan tepi kanal, sedangkan mayoritas kafe di Batam berada di dalam gedung atau indoor.

Menu di Level Up Batam

Menu makanan dan minuman di Level Up terdiri dari Western food dan local food. Menu Western food yang menjadi andalan Level Up adalah steak, meliputi sirloin steak, salmon steak, dan chicken steak.

Satu porsi sirloin steak dan salmon steak harganya mulai dari Rp 88.000, sedangkan chicken steak mulai dari Rp 38.000.

Adapun masakan nusantara andalan Level Up adalah Nasi Goreng Salmon dan Nasi Goreng Sirloin. Masing-masing menu tersebut seharga mulai dari Rp 25.000 per porsi.

Menu nusantara lainnya meliputi Rice Bowl Sotong Karage dan Rice Bowl Chicken Sambal Matah.

Kafe ini juga menyediakan aneka makanan ringan antara lain, chicken garlic, chicken skin, snack platter, kentang goreng, nugget, chicken wings, dan onion rings.

Harga aneka makanan ringan berada di rentang Rp 20.000 – Rp 40.000 per porsi.

Level UP Coffee/net

Sementara itu, Level Up juga menyajikan ragam minuman meliputi aneka espresso, aneka manual brew coffee, aneka mocktail, matcha, cokelat, taro, red velvet, vanila, yakult series, dan soft drink.

Aneka minuman tersebut dibanderol dengan kisaran harga Rp 15.000 hingga Rp 45.000.

Level Up menyajikan live music bagi tamu setiap harinya. Pada hari Senin-Kamis, live music diadakan pukul 19.00 WIB – 23.00 WIB, sedangkan, pada akhir pekan pukul 17.00 WIB – 01.00 WIB.

Level Up buka setiap hari pukul 15.00 WIB – 23.00 WIB pada hari kerja (weekdays), dan pukul 15.00 WIB – 01.00 WIB pada akhir pekan (weekends).

Jika kamu berminat mengunjungi Level Up, maka bisa datang langsung ke kawasan Golden City, Bengkong Laut, Kota Batam, Kepulauan Riau. Pengunjung tak perlu melakukan reservasi, hanya cukup mengantre sesuai urutan kedatangan di Level Up. (*)

——

Yuk Join Medsos Batambanget

Like Fanpage Facebook: batam banget

Add Official Line:@batambanget

Follow Twitter: @batambanget

Instagram: @batambanget

Apa Sih Bedanya Kerupuk Sama Keripik?

Kerupuk.

BATAMBANGET.com – Kerupuk dan keripik merupakan dua jenis makanan yang berbeda. Biasanya kerupuk dijadikan sebagai makanan pelengkap untuk menyantap nasi misalnya, sedangkan keripik biasanya dimakan sebagai cemilan. Meski demikian keduanya tetap memiliki kesamaan yakni sama-sama memiliki tekstur yang garing dan renyah. Untuk orang Indonesia, makan dengan kerupuk atau nyemil keripik sudah menjadi kesukaan.

Melansir dari standarpangan.pom.go.id kerupuk adalah makanan yang dibuat dari adonan tepung yang dicampur dengan bahan-bahan pangan seperti buah, umbi, sayuran, udang, ikan, dan lain sebagainya. Setelah tercampur adonan akan dikukus kemudian diiris tipis lalu dikeringkan, setelah itu digoreng.

Jangan Dibuang, Ternyata Minyak Jelantah Masih Bisa Dimanfaatkan Lho

Sementara keripik umumnya memiliki bahan baku seperti sayuran, umbi atau buah yang dipotong tipis-tipis kemudian digoreng.

Kerepik tempe.

Perbedaan Kerupuk dan Keripik

Adapun perbedaan lainnya dari kerupuk dan keripik seperti yang dilansir dari berbagai sumber adalah:

1. Kerupuk terbuat dari tepung tapioka dan bahan penyedap, sementara keripik biasanya dibuat dari buah, umbi atau sayuran. Adapun untuk ukuran, kerupuk memiliki ukuran yang lebih besar dari keripik.

2. Adonan kerupuk apabila sudah dibentuk maka akan dikukus, dipotong tipis, lalu dikeringkan di bawah sinar matahari. Sedangkan keripik akan diiris tipis, dijemur sampai kering, lalu digoreng tanpa menggunakan tepung.

Langkah-langkah Agar Baterai Ponsel Lebih Tahan Lama, Meski Dipakai Seharian

3. Kerupuk mempunyai variasi seperti kerupuk amplang, kerupuk bawang, kerupuk nasi, kerupuk ikan, kerupuk kampung, kerupuk kemplang, kerupuk kuku macan, kerupuk kulit, kerupuk mie, kerupuk putih, kerupuk merah, dan kerupuk udang.

4. Keripik juga memiliki variasi yaitu keripik kentang, keripik singkong, dan keripik pisang, keripik nangka, emping, keripik apel, keripik bayam, keripik belut, keripik ceker, keripik durian, keripik jamur, keripik oncom, keripik salak, keripik singkong balado, keripik sukun, keripik tempe, keripik teripang, dan keripik ubi yang terbuat dari ubi jalar.

Dalam pembuatan kerupuk, bahan baku yang digunakan mempunyai cita rasa dan aroma yang khas, salah satunya seperti udang. Bahan lainnya yang tidak kalah penting dari bahan baku ialah pati yang menjadi penentu kerupuk mengembang atau tidak ketika digoreng. Adonan kerupuk berasal dari campuran pati seperti tepung tapioka, terigu, sagu, ubi, dan bahan baku lainnya.

Menjadi Makanan Terenak di Dunia, Rendang Juga Syarat akan Filosofi Kehidupan

Dalam pengolahannya, kerupuk terbagi menjadi kerupuk yang digoreng dan dipanggang atau dibakar. Untuk proses pembuatan kerupuk yang disangrai ialah menggunakan pasir yang dijadikan sebagai media penghantar panas.

Sementara dari proses pengolahannya, keripik terbagi menjadi dua jenis yakni keripik yang menggunakan bahan tambahan berupa tepung dan keripik yang tanpa tepung.

Beberapa jenis keripik yang diolah dengan menambahkan adonan tepung ialah seperti keripik bayam, keripik jamur, keripik tempe, dan lainnya. Sedangkan keripik nangka, keripik apel, keripik wortel, dan lain sebagainya merupakan contoh keripik yang diolah tanpa tepung.

Adapun cara menggoreng keripik juga dibedakan menjadi dua jenis yaitu keripik yang digoreng manual dan keripik yang digoreng menggunakan penggorengan vakum.

Nah, itulah perbedaan antara kerupuk dengan keripik. Sudah tahukan. (*)

—–

Yuk Join Medsos Batambanget

Like Fanpage Facebook: batam banget

Add Official Line:@batambanget

Follow Twitter: @batambanget

Instagram: @batambanget

Langkah-langkah Agar Baterai Ponsel Lebih Tahan Lama, Meski Dipakai Seharian

Baterai ponsel. (Foto: Pixabay)

BATAMBANGET.com – Untuk membantu kegiatan sehari-hari yang sekarang ini serba online, produsen ponsel yang dirilis pada masa ini umumnya memiliki baterai yang besar. Meski pun berbaterai besar, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan supaya baterai lebih awet digunakan seharian.

Berikut ini tips yang dikutip dari POCO untuk menambah durasi pemakaian ponsel.

1. Matikan fitur yang tidak digunakan

Ponsel memiliki berbagai fitur, semakin canggih ponsel, semakin banyak fitur yang ditawarkan. Fitur yang tidak digunakan namun tetap dinyalakan seringkali berdampak pada konsumsi daya baterai.

Ketika tidak digunakan, sebaiknya fitur-fitur tersebut dimatikan. Fitur yang cukup memakan daya antara lain jaringan seluler, lokasi (GPS) dan Bluetooth.

Jaringan seluler biasanya lebih banyak mengonsumsi daya baterai dibandingkan WiFi. Jika berada di wilayah yang tidak terjangkau layanan seluler, baterai akan lebih cepat habis karena ponsel terus bekerja untuk mencari sinyal.

Sebaiknya gunakan mode pesawat atau airplane mode dalam kondisi ini. Selain konektivitas, mode getar juga menyedot baterai. Ketika fitur ini diaktifkan, kerja perangkat bertambah untuk menyalakan alat penggerak supaya menghasilkan getaran.

2. Matikan aplikasi setelah dipakai

Membiarkan aplikasi terbuka di latar belakang (background) membuat baterai ponsel bekerja lebih banyak, bahkan hingga membuat ponsel lambat.

3. Gunakan internet seperlunya

Seperti yang sudah ditulis di atas, jaringan seluler mengonsumsi banyak daya baterai dibandingkan WiFi. Untuk itu, gunakan internet secara bijak.

Jika memiliki sambungan ke WiFi yang terpercaya, gunakanlah. Selain menghemat baterai, menggunakan WiFi juga bisa menghemat kuota data.

4. Atur layar

Semakin cerah layar, semakin banyak juga daya baterai yang dikonsumsi. Layar merupakan komponen yang paling banyak mengonsumsi daya.

Nyalakan fitur kecerahan adaptif supaya tingkat kecerahan bisa menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan di sekitar. Selain itu, pilih durasi kunci layar otomatis yang paling cepat, biasanya 15 detik begitu ponsel tidak digunakan.

5. Batasi lokasi dan data

Matikan lokasi ketika tidak digunakan karena fitur ini juga salah satu yang membuat baterai boros.

6. Mode hemat baterai

Terakhir, jangan lupa menyalakan mode hemat baterai, yang secara otomatis bisa mematikan aplikasi yang masih bekerja di latar belakang. Mode hemat baterai juga akan mematikan fitur dan aplikasi yang memakan banyak daya.

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan agar baterai ponsel bisa lebih tahan lama. (*)

——-

Yuk Join Medsos Batambanget

Like Fanpage Facebook: batam banget

Add Official Line:@batambanget

Follow Twitter: @batambanget

Instagram: @batambanget

Tips Matikan Mesin Mobil yang Benar

Foto ilustrasi, cara yang benar menghidupkan dan mematikan mobil. (Foto: pixabay)

BATAMBANGET.com – Salah satu faktor yang menentukan performa dari mesin dan baterai aki mobil adalah bagaimana cara pemilik kendaraan mematikan mesin mobilnya.

Masih banyak pengguna mobil yang asal-asalan dalam mematikan mesin mobilnya, hanya memutar kontak kunci ke posisi OFF tanpa memperhatikan hal-hal penting lainnya.

Salah satunya yakni tanpa mematikan pendingin kabin dan komponen kelistrikan lainnya. Hal ini tentu saja akan membuat baterai mobil akan membutuhkan daya yang lebih besar ketika mobil akan dinyalakan lagi.

Samsung Galaxy S22 Series 5G Meluncur di Indonesia, Pakai Prosesor Snapdragon 8 Gen 1

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, ada beberapa prosedur yang benar pada saat akan mematikan mesin mobil.

Namun demi keamanan dan keawetan komponen mobil, langkah yang benar dalam mematikan mesin mobil perlu diperhatikan. Berikut ini adalah tahapan-tahapan yang harus dilakukan sebelum mematikan mesin mobil.

3 Barang yang Wajib Dibawa Traveler dengan Durasi Penerbangan Panjang

1. Posisi tuas transmisi

Pindahkan tuas transmisi ke posisi P untuk transmisi otomatis dan posisi N untuk transmisi manual. Hal ini dilakukan untuk mencegah mobil anda loncat dengan sendirinya saat pertama kali mesin dinyalakan, sehingga anda akan merasa aman.

Pada transmisi otomatis, apabila tuas transmisi tidak diposisikan ke posisi P, maka kunci kontak tidak akan bisa dilepas dari slot kunci.

Buat Akun PayPal Tanpa Kartu Kredit, Begini Caranya

3. Perhatikan Putaran mesin (RPM)

Pastikan bahwa sebelum anda mematikan mesin mobil, putaran mesin harus berada pada kondisi stasioner (idle). Hal ini dilakukan agar mesin berada pada kondisi normal (tanpa beban) serta untuk mencegah kerusakan pada mesin mobil anda.

Pada saat mesin masih bekerja dengan putaran tinggi, piston akan bergerak dengan cepat sehingga membutuhkan pelumasan oli yang maksimal. Ketika mesin tiba-tiba di matikan maka pompa oli akan berhenti bekerja sehingga tidak ada pelumasan mesin. Hal ini menyebabkan terjadinya keausan pada komponen-komponen mesin yang bergesekan.

Alasan Tidak Disediakannya Guling di Kamar Hotel

4. Rem parkir

Tarik atau aktifkan rem parkir mobil anda untuk mencegah kendaraan bergerak dengan sendirinya. Hal ini juga dilakukan sebagai pengamanan ketika kendaraan dihentikan di jalan tanjakan atau turunan.

5. Kunci Kontak

Ini adalah langkah terakhir yang dilakukan setelah langkah 1 hingga langkah 4 sudah terpenuhi. Putar kunci kontak keposisi OFF pada tipe kunci konvensional atau tekan tombol push button hingga OFF pada tipe kunci keyless.

8 Jenis Sayuran yang Manfaatnya Lebih Menonjol Untuk Melindungi Kinerja Ginjal

Jangan lupa mencabut anak kunci kendaraan anda dan membawanya keluar. Seringkali terjadi, mobil terkunci dari dalam akibat pengemudi lupa membawa anak kunci keluar kendaraan. Hal ini akan mempersulit pengemudi apabila pengemudi tidak membawa atau mempunyai kunci duplikat. (*)

——-

Yuk Join Medsos Batambanget

Like Fanpage Facebook: batam banget

Add Official Line:@batambanget

Follow Twitter: @batambanget

Instagram: @batambanget

7 Rekomendasi Kado Valentine untuk Cowok

Valentine Day, 7 rekomendasi kado untuk cowok. (Foto: istockphoto.com)

BATAMBANGET.com – Hari valentine tinggal menghitung hari, tapi kamu masih bingung mau memberi hadiah apa untuk pasanganmu? Kurang lengkap rasanya jika perayaan valentine tanpa memberi sesuatu yang spesial untuk pasangan. Karena pada hari spesial itu bisa juga kamu manfaatkan untuk mengungkapkan kasih sayang yang selama ini kamu rasakan.

Selain kado, kamu juga bisa menambahkan surat berisi ungkapan rasa cinta kamu kepada pasangan.

Berikut ini kita akan bahas seputar kado valentine untuk cowok. Apa saja rekomendasi kado valentine untuk cowok?

Awal Mula 14 Februari Diperingati Sebagai Valentine Day

Sebelum memberikan kado valentine untuk cowok, kamu harus mengetahui dengan pasti apa hobi, kesukaan, warna favorit, atau kebutuhannya. Supaya saat kamu memberikan kepada pasangan dia akan senang dan barang itu akan sangat berguna untuknya.

Berikut rekomendasi kado valentine untuk cowok yang bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli hadiah untuk kekasihmu.

1. Jam Tangan

Rekomendasi kado valentine untuk cowok yang pertama yaitu jam tangan. Pilihlah model dan tampilan jam tangan yang terbaru. Pastikan jam tangan yang kamu pilih tidak terlalu banyak dipakai orang lain. Selain itu, dengan memberi jam tangan, dia akan selalu ingat kamu.

2. Sepatu

Kado valentine untuk cowok selanjutnya yaitu sepatu, pilihlah sepatu dengan bahan yang berkualitas. Agar awet dan nyaman saat digunakan oleh pasanganmu.

Sebelum membelinya kamu harus mengetahui terlebih dahulu ukuran kaki cowokmu. Selain sepatu fasion kamu juga bisa memberikannya sepatu kantor, jika pasanganmu merupakan orang yang bekerja di kantor.

Tips Aman Pakai Handphone Saat Musim Hujan

3. Hoodie/ Jaket

Perayaan hari valentine tiba pada saat Indonesia tengah mengalami musim hujan. Sehingga memberikan hodiee/jaket pada cowokmu sangatlah tepat. Apalagi jika pasangamu sering berkendara menggunakan motor. Selain menunjang penampilan, hoodie/jaket juga akan melindungi tubuhnya dari hawa dingin yang menerpa.

4. Dompet

Apakah pasanganmu termasuk orang yang menggunakan dompet itu-itu saja dan sudah terlihat lusuh bahkan hingga robek-robek? Jika iya, pada momen valentine kali ini sangatlah tepat untuk kamu memberikannya kado valentine untuk cowok berupa dompet. Selain untuk memperbaiki penampilannya, dompet juga berguna agar uang yang ia simpan tidak rusak. Pilihlah dompet dengan warna yang maskulin seperti hitam, coklat tua, abu tua ataupun biru dongker.

Mengisi Ban dengan Gas Nitrogen, Memang Apa Sih Perbedaannya dengan Angin Biasa? Berikut Penjelasannya

5. Koleksi mainan

Jika kamu punya cowok yang hobi mengoleksi mainan. Kamu bisa memberikannya kado valentine berupa koleksi mainan yang dia sukai. Dia akan sangat senang menerima hadiah darimu. Apalagi jika mainan tersebut sangat ia inginkan dan belum ia miliki.

6. Scrapbook

Kamu bisa memberi kado cowokmu dengan scrapbook yang berisi kumpulan foto-foto pasangan atau foto kalian berdua. Misalnya foto saat kalian pertama kali hangout bersama, ulang tahun, anniversary, dan lain sebagainya.Karena dengan foto itu ia akan mengingat masa-masa indah itu dan selalu mengingatmu.

Jangan Pakai Fasilitas Hair Dryer Kamar Hotel Ya, Ini Alasannya

7. Parfum

Kado valentine untuk cowok yang terakhir yaitu parfum. Pilih parfum dengan aroma yang pasanganmu sukai. Atau kamu bisa memberikannya parfum dengan aroma baru yang kamu pilih. Pastikan pilihanmu tepat agar pasangan menyukainnya dan akan terus mengingtkannya kepadamu.

Demikian ulasan mengenaikado valentine untuk cowok yang berkesan dan awet. Pasti pasanganmu akan senang jika menerima kado spesial darimu dimoment hari kasih sayang mendatang. Semoga bermanfaat!

 

—-

Yuk Join Medsos Batambanget

Like Fanpage Facebook: batam banget

Add Official Line:@batambanget

Follow Twitter: @batambanget

Instagram: @batambanget

7 Film Indonesia Bertema Traveling yang Bisa Menjadi Penawar Rindu Saat Harus di Rumah

Foto ilustrasi, Film Laskar Pelangi.

BATAMBANGET.com – Traveling adalah satu hal yang menjadi hobi banyak orang untuk melepas penat. Namun, pandemi yang belum berakhir ini membuat banyak orang harus membatalkan rencana jalan-jalan karena ancaman virus tersebut.

Meski begitu, bukan berarti berada di rumah saja membuat orang tak bisa merasakan traveling.

Menonton film yang bertema traveling bisa mengobati rindu jalan-jalan sekaligus menjadi inspirasi destinasi liburan selanjutnya.

3 Barang yang Wajib Dibawa Traveler dengan Durasi Penerbangan Panjang

Berikut ini ada 7 judul film Indonesia yang bisa jadi penawar rindu saat harus di rumah saja menurut laman Indonesia Travel:

  • Laskar Pelangi (2008)

Berlatar belakang sebuah kampung Melayu di Belitung, film Laskar Pelangi punya nilai motivasi yang sangat tinggi. Selain itu, film ini menjadi salah satu film Indonesia terlaris sepanjang masa.

Diadaptasi dari Novel karya Andrea Hirata, Laskar Pelangi menceritakan kisah dua orang guru, Muslimah dan Harfan yang selalu memberikan semangat untuk bersekolah bagi murid-muridnya. Tidak hanya cerita perjuangan dan motivasi aja, penonton pasti terhipnotis dengan pemandangan eksotis dari Pulau Belitung.

Tak Hanya Untuk Relaksasi, Spa Juga Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan

  • 5 Cm (2012)

Film 5 Cm menceritakan petualangan persahabatan yang menjelajah puncak Mahameru. Dalam film ini disuguhkan banyak sinematik panorama alam di sekitar Gunung Semeru.

Bagi yang sudah pernah ke Gunung Semeru, pasti film ini membangkitkan kenangan tak terlupakan kala itu. Bagi belum pernah ke sana, pasti jadi tergelitik ingin segera naik gunung Semeru.

  • Tenggelamnya Kapal Van der Wijck (2013)

Tenggelamnya Kapal Van der Wijck merupakan karya Prof. Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah atau Buya Hamka, seorang penulis legendaris Indonesia.

Film ini menceritakan kisah perjalanan Zainudin, seorang pemuda berdarah Makassar-Minang yang menelusuri tanah kelahiran ayahnya di Padang.

Mau Diet Tapi Takut Asam Lambung Kambuh? Ini Tips Amannya

  • Filosofi Kopi (2015)

Film ini cocok menjadi inspirasi bagi mereka yang memiliki hobi dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan kopi. Filosofi Kopi menceritakan jatuh bangunnya seorang pemilik kedai kopi untuk tetap bertahan dengan membawa wawasan tentang jenis-jenis kopi, cara pengolahannya hingga daerah-daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia.

  • Ada Apa dengan Cinta 2 (2016)

Yogyakarta yang selalu istimewa menjadi latar dari film ini. Kisah romansa Rangga dan Cinta yang jadi tokoh utama di film ini menjadi bisa tetap seru untuk ditonton tanpa perlu menonton film sebelumnya.

Banyak adegan film yang membawa penontonnya untuk berkeliling kota Budaya, Yogyakarta. Sebut saja Punthuk Setumbu, tempat romantis untuk menikmati terbit dan tenggelamnya surya, pertunjukan wayang Papermoon dan beberapa tempat yang membuat ingat hangatnya suasana Yogyakarta.

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Antara Gula Aren dan Gula Jawa

  • Aruna dan Lidahnya (2018)

Tokoh Aruna yang diperankan oleh Dian Sastro berprofesi sebagai seorang epidemiologi yang meneliti masalah flu burung kala itu. Petualangan kuliner Aruna dan beberapa temannya bermula saat perjalanan meneliti kawasan epidemi flu burung.

Film yang diadaptasi dari novel karya Laksmi Pamuntjak ini ibarat kamus kuliner keberagaman makanan Indonesia yang super lezat. Penonton juga bakal merasakan kenikmatan jelajah kuliner saat menonton film ini.

  • Street Food Asia

Para penyuka traveling dan pemburu kuliner lezat dengan citarasa Asia wajib menonton film dokumenter dengan panjang 9 episode ini. Indonesia yang kaya akan kuliner dengan rasa yang khas juga ditampilkan di salah satu episodenya.

Tidak melulu bercerita tentang kuliner, film dokumenter ini juga bercerita tentang sejarah, budaya dan identitas bangsa masing-masing negara yang membentuk kehidupan orang Asia, termasuk Indonesia. Cerita paling menyentuh ada di episode ke 4, saat Mbah Satinem, penjual jajanan pasar di Yogyakarta banyak bercerita tentang kesedihan dan juga kebahagiaan selama hidupnya.

Nah bagaimana? Menarik bukan, semoga 7 film tersebut bisa mengobati rasa rindu untuk bertraveling ya!

(*)

——

Yuk Join Medsos Batambanget

Like Fanpage Facebook: batam banget

Add Official Line:@batambanget

Follow Twitter: @batambanget

Instagram: @batambanget

Samsung Galaxy S22 Series 5G Meluncur di Indonesia, Pakai Prosesor Snapdragon 8 Gen 1

Samsung Galaxy S22 Series 5G

BATAMBANGET.com – Akhirnya prosesor yang digunakan Galaxy S22 Series di Indonesia terungkap dalam acara Samsung di Jakarta, Kamis, 10 Februari 2022. Sebelumnya, pada saat peluncuran global di Seoul, Rabu, 9 Februari 2022, hanya disebutkan menggunakan teknologi fabrikasi 4nm.

Pada acara Samsung Galaxy Unpacked Q&A Session secara webinar di Jakarta, Kamis, disebutkan bahwa Galaxy S22 Series 5G menggunakan prosesor Snapdragon 8 Gen 1.

Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia, Dominikus Susanto, menyatakan, “Qualcomm bangga bisa berkolaborasi dengan Samsung dalam menghadirkan Snapdragon 8 Gen 1, chipset tercepat kami saat ini, ke Galaxy S22 Series 5G untuk menetapkan batas baru dari performa yang bisa dijalankan sebuah smartphone.”

Tips Aman Pakai Handphone Saat Musim Hujan

Ia juga berharap kehadiran CPU terdepan dari Qualcomm dan prosesor terbarukan dari Samsung di Galaxy S22 Series 5G memungkinkan pengguna menikmati pemrosesan gambar yang lebih cepat, performa gaming yang lebih lancar, hingga baterai yang lebih efisien.

Kekuatan utama Snapdragon 8 Gen 1 di antaranya berasal dari teknologi CPU Armv9, Snapdragon Sight, dan modem X65. Karena dibuat dengan teknologi fabrikasi Samsung, chipset tersebut juga mampu menjalankan pemrosesan artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML) terdepan di smartphone untuk memberikan pengalaman yang lebih baik di berbagai penggunaan perangkat, termasuk dalam mendapatkan foto dan video paling jernih bahkan dalam kondisi minim cahaya dan daya tahan baterai paling awet.

CPU Armv9 mampu meningkatkan kinerja AI menjadi lebih akurat. Hal ini salah satunya bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi daya baterai hingga 30 persen berdasarkan analisis terhadap kebiasaan pengguna dalam memakai smartphone.

Samsung Galaxy S21 FE 5G, Berikut Harga dan Spesifikasinya

Penggunaan CPU Armv9 dengan baterai besar hingga 5.000mAh di Galaxy S22 Series 5G akan benar-benar mendukung produktivitas dan kreativitas seharian karena konsumsi energi yang hemat. Ditambah lagi, dengan teknologi super-fast charging hingga 45W.

Selain itu, teknologi Snapdragon Sight mampu meningkatkan kualitas tangkapan kamera menjadi lebih superior berkat kemampuan AI dan ML dalam melakukan pemrosesan data dengan jumlah yang begitu besar untuk menghasilkan resolusi yang lebih tinggi dan mode malam yang lebih maksimal. Hal ini mendukung Galaxy S22 Series 5G dalam menghadirkan berbagai peningkatan di bagian kamera, termasuk fitur Nightography.

Sementara kehadiran modem X65 memungkinkan Galaxy S22 Series 5G untuk mendukung konektivitas 5G dengan kecepatan download hingga 10Gbps, yang turut dilengkapi dengan kemampuan untuk terhubung dengan Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.2.

Buat Akun PayPal Tanpa Kartu Kredit, Begini Caranya

Konektivitas maksimal ini ikut didukung dengan teknologi Storage UFS 3.1 yang membuat kecepatan transfer data pada perangkat begitu optimal untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam berkirim file maupun menyimpan foto dan video dari WhatsApp.

Di Indonesia Galaxy S22 Series 5G sudah melakukan pre-order yang telah dimulai pada 9 Februari 2022 hingga 3 Maret 2022 di www.samsung.com/id

Untuk harga, Galaxy S22 5G dibanderol mulai dari Rp 11.999.000 dengan pilihan warna Phantom White, Phantom Black, Green, dan Pink Gold dengan opsi RAM 8 GB serta ROM 128 GB dan 256 GB. Galaxy S22 Plus 5G dibanderol mulai dari Rp 14.999.000 dengan pilihan warna Phantom White, Phantom Black, Green, dan Pink Gold dengan opsi RAM 8 GB serta ROM 128 GB dan 256 GB. Sementara Galaxy S22 Ultra 5G dibanderol mulai dari Rp 17.999.000 dengan pilihan warna Burgundy, Phantom Black, Phantom White, dan Green dengan opsi RAM 8 GB dan 12 GB serta ROM 128 GB, 256 GB dan 512 GB. (*)

——–

Yuk Join Medsos Batambanget

Like Fanpage Facebook: batam banget

Add Official Line:@batambanget

Follow Twitter: @batambanget

Instagram: @batambanget